Autentikasi Dua Faktor Instagram: Cara Menonaktifkan dan Ciri-Cirinya

Autentikasi dua-faktor merupakan salah satu fitur keamanan yang ada di instagram. Jika fitur ini diaktifkan maka setiap kali login ke instagram, kita akan diminta memasukkan 6 digit kode keamanan. Kode keamanan ini kita dapatkan dari SMS atau aplikasi autentikasi. Tergantung metode yang sedang aktif.

Cara menonaktifkan autentikasi dua-faktor instagram

Meskipun autentikasi dua-faktor ini sangat diperlukan, akan tetapi terkadang fitur ini juga bisa membuat kita merasa jengkel ketika terjadi masalah. Misalnya seperti SMS kode keamanan yang tidak kunjung masuk karena pending atau masalah lainnya.

Begitu juga pada aplikasi autentikasi, terkadang kode yang ada pada aplikasi autentikasi tidak bisa digunakan. Biasanya karena perbedaan waktu antara perangkat yang digunakan dengan server instagram, sehingga menghambat kita ketika ingin login.

Terkait: Masalah Autentikasi Dua-Faktor Instagram dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Menonaktifkan Autentikasi Dua-Faktor Instagram?

Baiklah, bagi kamu yang mungkin tidak begitu memerlukan fitur ini, kamu bisa mematikannya saja. Caranya sangatlah mudah, langkah-langkahnya sama saja seperti pada saat mengaktifkan fitur ini.

  1. Bukalah atau jalankan aplikasi instagram.
  2. Login menggunakan akun yang ingin dimatikan autentikasi dua-faktornya.
  3. Selanjutnya buka Profil, lalu pilih garis tiga yang ada di pojok kanan atas.
  4. Setelah itu pilih Pengaturan yang ada di bagian bawah.
  5. Pilih Keamanan, maka akan terbuka menu keamanan.
  6. Pilih Autentikasi Dua Faktor.
  7. Nonaktifkanlah fitur Autentikasi Dua-Faktor yang masih aktif.

Pada halaman autentkasi dua-faktor, akan terlihat beberapa metode autentikasi dua-faktor. Pada masing-masing metode itu juga terdapat tombol. Jika tombol tersebut berwarna biru, maka fitur autentikasi dua-faktor instagram dalam keadaan aktif.

Untuk menonaktifkannya sangat mudah, kita tinggal geser atau tap pada tombol tersebut. Lalu akan terbuka pemberitahuan pada layar bahwa autentikasi dua-faktor akan dinonaktifkan. Langkah selanjutnya pilih Hapus.

Ciri-ciri Autentikasi Dua-Faktor Sudah Tidak Aktif

Kalau kamu masih penasaran apakah autentikasi dua-faktor masih aktif atau tidak, berikut ini beberapa ciri-ciri atau tanda bahwa fitur autentikasi dua-faktor instagram sudah tidak aktif.

  1. Menerima email pemberitahuan

    Beberapa saat setelah menonaktifkan fitur ini, kita akan menerima email dari instgaram bahwa autentikasi dua-faktor sudah dinonaktifkan. Maka dari itu pastikan email yang digunakan adalah email aktif, supaya segala aktifitas pada akun instagram dapat dikontrol dengan mudah.

  2. Tidak diminta kode keamanan login

    Setelah menonaktifkan fitur ini kita tidak akan diminta memasukkan kode keamanan setiap kali login ke instagram.

Demikianlah cara menonaktifkan autentikasi dua-faktor instagram. Ingatlah bahwa autentikasi-dua faktor merupakan salah satu fitur supaya akun instagram bisa lebih aman. Maka dari itu, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum mematikan fitur autentikasi dua-faktor ini.

Tampilkan Komentar