Ingin Akun Facebook Tetap Aman? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Ingin Akun Facebook Tetap Aman? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Sebagai pengguna facebook, wajib bagi kita untuk menjaga keamanan akun masing-masing agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sudah banyak kasus kejahatan yang dilakukan oleh oknum dengan mengatasnamakan orang lain. Mereka melakukan hack akun facebook, kemudian akun tersebut digunakan untuk melancarkan aksinya.

Lalu bagaimana supaya akun facebook tetap aman? Berikut ini tips agar akun facebook tetap aman dari pembajakan. Meskipun tidak menutup kemungkinan masih bisa di hack oleh orang yang lebih profesional dengan cara-cara yang tidak diketahui secara umum.

Cara Mengamankan Akun Facebook

Melindungi Kata Sandi

Untuk melidungi kata sandi akun facebook, disarankan tidak menggunakan kata sandi yang sama di situs lain atau sosial media yang lain. Sebisa mungkin jangan pernah membagikan kata sandi kepada orang lain meskipun kamu kenal akrab dengan orang tersebut.

Kata sandi akun facebook yang kamu buat juga harus sulit ditebak. Kalau perlu gunakanlah kata sandi yang rumit dan menurut kamu tidak akan diketahui oleh siapapun.

Berhati-hati ketika login menggunakan pihak ketiga

Sekarang ini sudah banyak situs web, aplikasi, atau game online yang membutuhkan registrasi. Metode registrasi yang digunakan terkadang dibuat simpel dan mudah, misalnya dengan akun sosial media seperti facebook. Sebelum melakukan hal tersebut, kamu harus berhagi-hati dan mencari tahu serta memastikannya terlebih dahulu apakah akan aman atau tidak. Caranya bisa dengan bertanya di forum-forum online atau melihat review orang lain dari sebuah website.

Logout setelah selesai digunakan

Kalau kamu login akun facebook dari perangkat lain seperti komputer warnet, laptop teman, atau hp orang lain, pastikan kamu sudah logout setelah menggunakannya dan tidak meninggalkan informasi login.

Waspada terhadap orang yang tidak kamu kenal

Facebook merupakan tempat yang bisa menghubungkan semua orang menjadi teman secara online. Jika ada orang yang tidak kamu kenal di dunia nyata yang meminta berteman di facebook, tetaplah berhati-hati dan selalu waspada.

Penipu bisa saja membuat akun palsu untuk berteman dengan pengguna facebook. Berteman dengan penipu berpotensi mendorong mereka untuk mengirim spam, menandai kamu di sebuah postingan mereka, dan mengirimkan pesan berbahaya.

Waspada terhadap virus

Virus merupakan perangkat lunak berbahaya berupa aplikasi atau file yang dirancang untuk mendapatkan akses ke komputer atau akun online, seperti akun facebook. Jika perangkat kamu terkena virus, perangkat lunak berbahaya ini dapat mengumpulkan informasi dan bisa mengambil tindakan yang tidak diinginkan atas nama kamu. Maka dari itu kamu harus tetap waspada ketika berselancar di internet.

Jangan pernah mengklik link yang mencurigakan, meskipun link tersebut dikirim oleh teman atau orang yang kamu kenal. Perlu diketahui bahwa facebook sendiri tidak pernah meminta kata sandi penggunanya diluar alamat facebook (facebook.com). Kalau kamu mendapatkan atau menerima link yang mencurigakan di facebook, kamu bisa melaporkannya ke pihak facebook.

Gunakan fitur keamanan tambahan

Facebook sendiri menyediakan beberapa fitur keamanan tambahan yang bisa digunakan agar akun facebook tetap aman. Misalnya, kamu bisa memperoleh peringatan tentang login yang tidak dikenal, mengatur autentikasi dua faktor, dan memilih teman untuk menjadi kontak tepercaya.

Itulah beberapa tips untuk menjaga agar akun facebook tetap aman dan memperkecil kemungkinan dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat dan jika berkenan silahkan share ke teman-teman yang lain, terima kasih.

Tampilkan Komentar